Pengalaman operasi Gigi Bungsu ( impaksi )/ my experience of wisdom teeth surgery

Assalamu'alaikum guys~ terimakasih buat yang setia mau lihat lanjutan dari cerita aku sebelumnya, kali ini aku mau melanjutkan cerita pengalaman aku operasi gigi bungsu. buat yang belum baca dan mau baca proses persiapan aku operasi bisa klik link ini ya, lumayan buat kalian yang sedang atau mau menjalankan operasi gigi bungsu mudah-mudahan bermanfaat :)

di cerita aku sebelumnya terakhir itu aku sudah dapet tanggal untuk operasi dari dokternya yaitu 2 minggu lagi. setelah fix in jadwal aku diminta untuk memesan kamar untuk rawat inap, waktu itu aku sih kelas 3 pasien bpjs, tapi kelas 3 nya juga udah alhamdulillah enak dan nyaman di RSUD Pasar Rebo, ya walaupun ada beberapa perawatnya yang judes 😒.

akhirnyaa.... 2 minggu berlalu, aku dateng ke RS lagi sambil bawa baju ganti dan keperluan lainnya untuk selama dirawat. aku dateng berdua doang sama ayah aku, di RSUD Pasar Rebo lumayan ketat penjagaan satpamnya, yang boleh jenguk hanya 1 orang bergantian. udah gitu karna berhubung operasi aku ini, operasi gigi bungsu yg dipandang orang-orang dengan suatu operasi yang biasa-biasa aja, orang-orang pasti mikirnya "ohh cabut gigi doang". padahal kan operasi impaksi ini termasuk operasi besar dan menggunakan bius total. jadilah yang menjenguk aku cuman sedikit :") but it's ok karna emang sih gak parah operasinya 😅 karena dibius total jadi gak ngerasain apa2 akunya.

oke oke lanjut yaa pas aku dateng aku langsung ngurus kamar dll, baru diarahin sama langsung menuju kamar ranapnya (rawat inap). sebelum masuk kamar aku di cek lagi di (NS) nurse station tempat perawat-perawat kumpul, nah kata perawat data hasil lab aku udah kelamaan sudah lewat dari sebulan, jadilah aku diambil darahnya lagi untuk di cek lab lagi, penderitaannya mulai lagi disini, perawatnya susah nemuin vena aku, katanya kecil banget, pertama pergelangan tangan kiri aku yang disuntik, tapi ternyata darahnya keluar sedikiit banget dan belum cukup buat di jadiin sample, jadilah pindah ke lengan kanan, tapi yang pergelangan tangan kanan tetep dimasukin jarum untuk jalur infusan, padahal mah di infusnya gatau jam brp :"). hokkey pas di tangan kanan sama juga keluarnya sedikiit banget, perawatnya nanya aku minum banyak gak hari ini, dan ternyata itu penyebabnya, aku hari itu lagi gak banyak minum karna gak tau juga kan kalo bakal diambil darahnya lagi, akhirnya pindah lagi ke tangan kiri, kali ini bukan di pergelangannya tapi di deket siku yang biasa buat ambil darah, nah kali ini baru lumayan keluarnya. selama proses tusuk menusuk itu, ayah aku pergi keluar "ayah ngeri liat jarumnya" begitulah kata ayah aku :"), emang iya pas ditusuk pertama kali aja ayah aku malahan yang meringis liatnya.

selesai tusuk menusuk aku langsung disuruh masuk kamar dengan keadaan jarum nemplok di pergelangan tangan yang deket jempol, kan ngilu banget itu kalo orang gak biasa di suntik apalagi di infus, seumur-umur baru sekali itu aku di infus, owiya kata perawatnya juga "gapapa ya kak itung-itung pengalaman buat diceritain ke temennya nanti", dalam hati aku "emangnya gue masih bocak SD begituan doang diceritain). Padahal mah iya ini buktinya di ceritain ke orang banyak :)

alhamdulillah nya selama aku di opname itu aku lagi masa-masa terakhir menstruasi jadi gak susah wudhunya dan gak repot-repot cuci sopteknya. aku masuk ruangan itu sekitar jam 5 an sore, nah perawatnya baru masangin infusnya jam 10 malem, kata aku ke adek aku yang baru dateng isya trus gantian jaga sama ayah aku "ngapain bgt dari sore tadi udah dipasangin jarum/selang infusnya kalo baru jam sekarang dipasangin infusnya, kan menderita bgt aku gapernah-pernahnya itu selang kayak jarum bertengger di dalem vena berjam-jam". 😢

perawatnya pasangin infusnya sambil neken pergelangan tangan aku yang ada jarum didalemnya itu kenceng banget yaak, sampe kayak kesentrum rasanya tuh, katanya sih supaya darahnya gak keluar. perawatnya juga sekalian kasih baju operasinya untuk besok, katanya "besok pagi bajunya diganti ya sama ini dan mulai puasa jam 12". 

HOKKEEEY besok pun tiba pagi-pagi sekitar jam 8 perawatnya dateng bawa kursi roda, maluuu banget deh aku kan berhijab ya nah baju operasi itu belakangnya terbuka trus sampe lutut doang panjangnya. udah gitu perawatnya judes bgt lagi suruh cepet-cepet. kan ribet ya ditangan ada infus trus malah kebelet pipis lagi. yaudah tuh aku duduk dikursi roda, pas di depan NS infusan aku di cek, aku kan suka pipis ya anaknya kalo banyak minum (namanya juga masih sehat ginjalnya ya wajar), jadi pas malem suka bulak balik kamar mandi, nah itu darah aku udah naik sedikit ke selangnya, dan di bagian deket jarumnya itu darahnya agak menggumpal, mungkin karna udah kelamaan kaliya, jadi dibuka lagi dan diteken lagi kayak semalem buat di keluarin darahnya dari selang supaya lancar lagi air infusnya masuk. setelah ituuu lanjut ke ruang persiapan operasi.

di ruang persiapan aku diminta tidur trus dipakaikan haircap atau penutup kepala, disana aku ditanya-tanya lagi sama calon-calon dokter yang sedang koas, "ada alergi tidak?, terakhir mengkonsumsi obat-obatan tidak?, sedang pilek tidak?" yaaa pertanyaan semacam itulah. trsu aku diminta untuk bernafas sambil lubang hidung di tutup satu-satu untuk mengetahui apakah ada yg mampet atau tidak. setelah itu yaudah aku disuruh tunggu lumayan lama sekitar sejam lebih karna dokternya belum dateng :"). udah gitu tiba2 ada yang pasien yang masuk yang urgent bgt harus dioperasi caesar, sambil nunggu sambil dengerin rintihan ibu-ibu yang mau lahiran. :"). trus perawatnya kayak suntikin cairan apa gitu ya aku juga gak tau dan lupa sekali untuk nanya nya, disuntikinnya ke dalem pouch infusnya karena kebetulan cairan infus aku udah mau habis. 

sekitar jam set 10 aku dibawa ke ruangan operasinya, sumpah ya nervous banget akuuh deg deg an.

Di ruang operasi baju aku dibuka bagian atasnya buat dipasing alat untuk EKG (elektrokardiogram)  alat yg untuk melihat irama jantung gitu deh, wihh manteb gak tuh udah kayak di pilem2 aja 😂. Namanya juga dibius total artinya selama proses operasi aku gak sadarkan diri, jadi harus diliat perkembangan irama jantungnya. Di ruang itu aku parah bgt menggigil kedinginan nya, sampe bergetar badan dan gigi aku nahan dinginnya, aku mikirnya "apa ini efek suntikan yg sebelumnya di ruang persiapa operasu ya? " soalnya gak pernah2nya aku menggigil begitu cuman karna diruangan ber AC kan. Sekali lagi kali ini dokter anestesinya yg nanya hidung aku lagi mampet apa enggak. Di tes tuh kayak sebelumnya lobang hidung aku di tutup sebelah dan bergantian untuk lihat normal gak aku nafasnya.

Setelah itu entah perawat entah itu dokter anestesinya masangin masker oksigen gitu,  "mbak ini di hirup ya nanti" gitu katanya. Owwiya sebelum dipasangin dokternya juga infoin, dokter bedah mulutnya "setelah operasi nanti tunggu 2 jam dulu ya baru boleh minum, jangan meludah juga dan jangan muntah". Pas dipasangin masker aku mikir ya "coba ah beneran kayak di pilem2 gak gitu kalo org dibius langsung burem pandangannya". Dan ternyata BENERAN guys 😂. Awalnya aku hirup pake hidung trus aku batuk gitu kan karna bau obatnya gimana gitu, kata dokternya juga "jangan lewat hidung mbak, emang bau obatnya, lewat mulut aja hirupnya". Dalam hati aku "et dari tadi kek dok bilang kalo boleh lewat mulut". Yaudah tuh aku hirup lewat mulut selanjutnya, aku berusaha melek ya biar tau gitu prosesnya anestesi, ternyata bener aja pandangan aku mulai kabur kabur dan kabuur~ 😂

Trus aku mulai denger2 suara gitu baru deh aku sadar setelah nama aku dipanggilin perawatnya, "mbak chalida, ayuk bangun operasinya sudah selese" kebetulan disamping aku ada jam aku langsung liat jam dan itu sekitar jam 10 an. Whaaat~😱 rasanya tuh kayaak sebentar banget loh gak ngerasain apa. Kayak kalo kalian tidurnya suler duper nyenyak sampe gak mimpi apa2. Aku sadar cuman belum 100% sadar masih melek merem gitu, trus perawatnya kasih tauin lagi jangan meludah dll. Padahal kan bisa ya itu perasat ngomong ke keluarga pasiennya, jangan ke aku yg masih setengah sadar gitu badan belom bisa digerakin juga. Masih dalam keadaan setengah sadar aku disuruh pindah tempat tidur, buat dianter lagi ke kamar aku, di depan lift ayah dan 2 adek aku udah nungguin, mereka liat aku sambil ketawa2, pada saat itu gatau apaan yg mereka ketawain ya. Sesampainya di kamar kesadaran aku mulai pulih total ya tapi masih lemes aja. Disitu tenggorokan aku keriiing banget parah, itu pertama kalinya ngerasain tenggorokan kering begitu sampe perih banget rasanya, udah malah gak boleh minum juga lagi.

Pas aku mau ngomong aku baru mulai menyadari kalo saat ini aku itu tidak merasakan sedang mangap atau mingkem mulutku ini 😅. Langsung akh pegang bibir sambil nanya ke adek aku "ini bibir aku bukan? " 😂😂😂
Kata adek aku "iya itu bibir kak irma 😂, gak berasa emang kak? ". Langsung deh aku minta kaca, penasaran sama tampang ini. Ternyata sedang mangap dan ada 2 bundelan kain kasa menjulur dari ujung gigi graham sampe ke dagu aku, ada sih fotonya tapi sungguh aib buat di share disini 😅.

Pas jam 12 baru deh aku dilepas kassanya dan boleh minum, duhh rasanya tuh air berasa banget ngalirnya sampe ke lambung 😂. Awal minum kan pake sedotan ya, udah kayam anak bayi belajar minum pake sedotan dah. Owwiyaa selama 5 harian kayaknya dilarang makan aku, cuman boleh minum aja itupun harus minum yg dingin2, udah kayak operasi amandel ya jadinya. Selama dirawat pasca operasi aku cuman dikasih susu putih dingin doang, coba kalian bayangkan betapa tersiksanya perut dan mulut ini kelaperan selama 5 harian gak ngunyah2 😭.

Bibirku bagai enjelina joley 😂

Setelah 3 hari dirawat dokternya visit dan aku udah diperbolehkan pulang, disuruh kontrol 2 minggu lagi untuk lepas jaitan. Selama di rumah aku jadi nyetok es krim sama susu di kulkas, merana liat orang ngunyah nasi aku cuman nelen susu doang :").
Karna gak tahan dihari ke 5 aku minta dibeliin bubur ayam, eh setelah makan jaitan aku berdarah lagi jadinya 😅. Emang mungkin aku gampang perdarahan karna nilai APTT nya itu kaliya, setelah operasi juga hidung aku berkerak kayak belas darah gitu, bekas mimisan kaliya, soalnya selama di rawat perawatnya rutin suntikin obat perdarahan, lambung, sama penghilang sakit. Obat lambung dikasih rutin karna berhubung aku pernah masuk igd karna lambungnya kambuh. Dari ketiga jenis obat itu, obat lambung yg paling aneh bgt dan gaenak, padahal itu semuanya obat ijeksi ya tapi obat lambung pas disuntikin langsung berasa bgt jalannya di lidah kepala langsung keliyengan dan rasanya mau muntah aku. Parah bgt emang itu obat anehnya, selalu deh setiap pemberian obat lambung begitu muli reaksi badan aku. Makanya paling gak suka aku pas diinjeksiin obat lambung.

Selama di rawat pasca operasi aku gak sakit sama sekali itu mulut dan gigi, ya wajar ya rutin disuntikin obat penghilang sakit sih, pas di rumah baru mulai penderitaannya. Walaupun dikasih obat oral pengilang sakit buat dirumah juga aku gak minumin karna gak sakit2 bangetlah, aku gamau kebanyakan minum obat soalnya, cuman obat antibiotik tetep aku minum habis. Aku gamau aja terlalu banyak residu obat di dalam tubuh aku.

Setelah hampir seminggu jaitan aku mulai melepas, trus kayak gusinya kebuka lagi gitu, aku kan khawatir ya takut2nya nanti malah jadi bolong gusi aku atau malah dijait lagi, jadi sebelum 2 minggu aku balik lagi ke dokter bedah mulutnya, emang kata dokternya walaupun disuruh balik lagi setelah 2 minggu, tapi kalo kenapa2 boleh dateng aja langsung gak perlu nunggu 2 minggu.

Ternyata kata dokternya sih gak kenapa2 itu, gusi bolongnya nanti juga lama kelamaan akan numbuh daging lagi dari dalem buat menutupi supaya kembali normal, dalam hati "alhamdulillah gak seperti yg dibayangkan segala dijait ulang 😂". Tapi ngeribetin bgt gusi bolong ini, makanan masuk terus ke lubangnya 😣. Sama dokter disuruh kumur2 terus setelah makan, kan kerjaan bgt yak 😩.

Hokkeydeey~ begitulah kurang dan lebihnya cerita pengalaman aku operasi gigi bungsu, yang aku suka dari serangkaian panjang prosesnya itu adalah saat dibius total, parah sih ini mah enak bgt bius total, bener2 kayak tidur pules 😂. Ohiya ini ada foto perbandingan pipi aku ya pra dan pasca operasi 😊


Bisa diliat kan ke cute an aku bertambah pasca operasi 😅. Itu pipinya masyaAllah banget 😂

Okkey sekian cerita akuh, mudah2an ada secercah manfaatnya :) aamiin yaAllah. Silahkan komen buat yang mau tanya2 atau mau berbagi pengalamannya juga. Atau mungkin ada yg mau koreksi kata2 aku, bisa aja terdapat kata yg salah dari banyaknya kata2 yg aku ketik :).
Terima kasih buat yg sudah mau membaca, sampai ketemu di cerita2 ku yg lainnya ya ❤

Comments

  1. Hai mba, thank you sudah sharing pengalamannya ☺️. Btw, aku jg skrg lagi persiapan operasi 4 gigi bungsu di RSUD pasar rebo. Mba, semua ditanggung BPJS kah? Trmasuk rawat inapnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halloo kak..
      Iyaa semua proses operasi aku ditanggung bpjs semua2nya kecuali fotocopy sama uang transport ya 😅
      semoga lancar ya kak operasinya

      Delete
  2. Saya juga mau op 4 gigi nih mba, udah selesai cek lab, segala macem dr bulan maret, sampe sept ini belom ada jdwal juga buat oprasi .. ktanya antrian nya panjang,beruntung ya mba proses nya cepet

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak Alhamdulillah semua proses aku cepet, mungkin alternatifnya carinya RS yang besar kak biar kuotanya banyak.
      semoga membantu ya kak

      Delete
  3. Thankyou mba,jdi tau persiapan buat op tu gmn aja .. doain ya mba biar op ku bisa secepetnya ky mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak sama-sama semoga cepet selesai ya segala prosesnya

      Delete
  4. hai kak mau tanya dong.. itu sekali operasi berapa gigi bungsu yg dicabut kak? makasi sebelumnya yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku langsung 4 yg dicabut makanya pake bius total kak

      Delete
  5. lumayan nih referensi buat sya.
    mau tanya dong mbak.
    -itu yg dicabut giginya kan 4, semua gigi bungsu impaksi atau gmana ya?
    -itu biayanya full bpjs kalau yg dicabut lebih dari 2 atau gmna?
    -proses operasinya brapa lama brarti tuh? sama sadar dari biusnya brapa lama?

    (maaf2 tanyanya bnyak, soalnya dokter nyuruh aku cabut gigi 4: 1 bungsu impaksi, 3 gigi tidur. disuruh ranap & bius total, takut gitu)

    ReplyDelete
  6. Makasih ya kk dh share pengalaman nya .. saya juga mau operasi cabut gigi nya 7 kk
    4 gigi bungsu dan 3 gigi berlobang .. apa itu bakalan lama ga ya kk sehat nya ?
    Saya takut² juga nih kk ..
    Kk smbh nya brp lama ?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman PRA operasi Gigi Bungsu ( impaksi )/ my experience of wisdom teeth surgery