Pengalaman PRA operasi Gigi Bungsu ( impaksi )/ my experience of wisdom teeth surgery

Assalamua'laikum guys... aku mau bercerita tentang pengalaman aku operasi gigi bungsu/ wisdom teeth, disini cerita akan aku bagi dalam 2 bagian (persiapan operasi, proses dan pasca operasi), karna sepertinya cerita ini bakalan panjang. πŸ˜…

Ini postingan pertama aku, niat buat blog kayak gini karna pingin banget cerita akutuh tentang pengalaman aku pas operasi gigi bungsu ini, soalnya ini pengalaman yang.. gimana ya, pokoknya gak boleh dilupain deh. *alay 😁. tapi beneran sih seru banget soalnya 😊


Aku operasi itu bulan juli, awal sakit giginya itu sih udah lamaaa banget dari tahun 2018 pas aku kuliah smester akhir. dan sakitnya itu ilang timbul, setiap sakit aku ajak berobat ke puskesmas dan praktek dokter gigi, dan selalu dokter-dokter itu nyuruhnya mulut aku tuh di rontgen biar keliatan pertumbuhan gigi aku itu normal atau miring. singkat cerita, karna aku punya BPJS tapi gak pernah dipake karna kejauhan FASKES pertamanya, jadilah aku coba-coba berobat lagi ke Puskesmas kramatjati tempat FASKES pertama aku. "pikir aku sayang juga kalo gak dipake-pake bpjs nya". awal berobat itu bulan juni yaa~ manteb gak tuh sebulan prosesnya. yang aku kira cuman sehari bisa. 😩

di Puskesmas aku langsung di kasih rujukan sama dokternya, dokternya pun nanya 
"mau di rujuk kemana?"
karna aku kira cuman operasi cabut gigi mungkin gak lama, jadilah aku mintadi rujuk ke RS yang terdekat dari puskesmas yaitu RSUD Pasar Rebo, biar aku bisa selesein hari itu juga masalah gigi ku ini.

tapiiiii.... ternyata dan ternyata, operasi impaksi atau operasi gigi bungsu itu gak se simple yang aku bayangkan. banyaaak banget proses yang harus aku laluin. 

Pertama pas aku ketemu sama dokter spesialis bedah mulutnya, dokternya cuek padahal ganteng 😳
tapi sama dokternya aku dijelasin lengkap cuman cepet ya jadi otak ini ngebut cernanya, maklum ya soalnya nunggu antriannya lamaaa banget sampe ketiduran aku. aku nunggu sampe 3 jam pas ketemu dokternya gak sampe 5 menit. 😣
arahan dokternya, aku harus rontgen gigi dulu ke bagian radiologi, trus kalo udah ada hasilnya kembali lagi ke dokternya.
Hasil hasil rontgen gigi

 ternyata gigi aku yang bermasalah itu 2 dibagian bawah kanan dan kiri, itupun udah gede numbuhnya, yang suka sakit terus kan yg sebelah kiri. ternyata  emang dia yg numbuhnya miring banget. kalo yang kanan agak miring ke kanan cuman gak mau keluar dia kependem sama gusinya. 

nah setelah dokter liat hasil rontgennya baru dikasih keputusan sama dokternya. 

"mbak, ini yang miring giginya ada 2, jadi yg mesti dicabut 4". 

whaaat~ 😱aneh kan yaa padahal yg masalah 2 yg bawah doang kenapa yg diatas yang tidak bersalah harus ikut terkorbankan juga. jadilah ku tanyakan mengapa, karna dokternya gak menjelaskan langsung.
"karna, gigi bawah keduanya di cabut jadi yang atas juga harus dicabut supaya tidak mendorong gusi yang habis dioperasi" yaa... seperti itulah kurang lebih penjelasan dokternya.
selanjutnya dokternya menjelaskan, karna yang dicabut 4 jadi aku harus dibius total. trus arahan lanjutan dari dokternya, 

"setelah ini kamu cek lab (cek darah lengkap) dan rontgen paru dan jantung, trus ke poli penyakit dalam dan poli anestesi, setelah beres semuanya kamu balik ke saya lagi". sambil dokternya menyerahkan kertas bertuliskan lembar konsultasi untuk tiap-tiap poli yang sudah dinomeri sesuai step oleh dokternya supaya aku gak bingung dan gak lupa.

kata aku, tanpa pikir panjang tanpa mengetahui ribetnya dibalik cek-cek itu semua,
 "baik dok, kira-kira 3 hari lagi bisa dok?" dokternya jawab "ya boleh kalau sudah beres semua". setelah itu langsung aku chaw ke lab. eh taunya hasilnya gak bisa hari itu juga, 3 hari lagi baru jadi hasilnya. yaudah akulangsung ke radiologi untuk rontgen paru dan jantung. sama ternyata hasilnya gak bisa diambil di hari yang sama, hasilnya bisa diambil 2 hari kemudian. 
kerjaan banget kan ya bulak balik gitu, malah aku tinggalnya di depok kan lumayan bulak balik depok jaktim.

3 hari kemudian aku balik lagi ke RS untuk ambil hasil lab dan rontgen (rontgen nya jadi aku barengin sama lab ngambilnya biar gak bulak balik). trus lanjut aku antri buat daftar ke poli penyakit dalam karna itu arahan awalnya sebelum ke poli anestesi. aku kira bisa beres hari itu juga ya ke 2 poli itu, ternyata dan ternya sehari itu maksimal 1 poli doang yang bisa di datengin. yoweslah jadilah hari itu aku cuman ke poli penyakit dalam. maklumlah ya namanya juga baru pertama kali berobat pake bpjs ke RS

 pikirku "elah dah kirain bisa 3 hari balik lagi ke dokter bedah mulutnya, ternyata panjang juga perjalanan ini"
parahnya lagiiii. poli penyakit dalam antriannya seabrek-abrek gak kayak poli bedah mulut yang cuman belasan pasiennya. antrinya berja-jam, masuk ke ruang dokternya gak nyampe 5 menit.

sama dokter penyakit dalam dibacain hasil lab aku, hasil cek darahnya, ternyata nilai APTT aku tinggi dari batas normalnya. bagi yang gak tau APTT itu pokoknya waktu pengentalan darah gitu deh, nah darah aku itu cair. bagi yang mau tau detailnya APTT itu apa bisa di cek di Penjelasan tentang APTT 
dampaknya kalo nilai APTT memanjang itu saat operasi bisa-bisa terjadi pendarahan karena darahnya lama proses penggumpalannya. jadilah dokter penyakit dalamnya kasih resep obat yang harus diminum selama seminggu, setelahseminggu disuruh cek lab lagi untuk melihat progresnya, apa nilai APTT aku masih memanjang atau sudah normal.
dalam hati "yah mundur seminggu lagi deh ini", malesnya itu harus bulak bali ke RS nya yang lumayan jauh perjalanannya, sekitar 30 menit kalo gak macet naik motor.

Seminggu kemudian aku balik lagi ke RS buat cek lab, dan ternyataaaa~ nilai APTT aku masih memanjang. sama dokternya akhirnya disuruh lanjutin minum obatnya selama seminggu lagi :")

seminggu kemudian lagi aku cek lab lagi kan dan ternyata gak ada perubahan sama nilai APTT aku, yaudah sama dokternya tetep di ACC (accepted/setuju) operasi aku dengan dituliskan catatan untuk dokter bedah mulut aku bahwa nilai APTT aku masih memanjang cuman gak terlalu signifikan tingginya.
dalam hati aku "eettt~ yampun dok kenapa gak dari awal aja deh ACC nya kalo ternyata bisa-bisa aja :"), rasanya terbuang sia-sia waktu 2 minggu aku padahal aku udah gak sabar banget kan ya pingin diilangin ini gigi yang suka saki-sakitan".

oke setelah dapet ACC dari dokter penyakit dalam aku lanjut ke poli anestesi keesokan harinya, karena kan cuman bisa 1 poli doang setiap harinya. ke poli anestesi enak, gak pake ngantri-ngantri kayak di poli penyakit dalam. cumaaan yang lama itu nunggu dokternya dateng, udah nunggu dari jam 7 dokternya dateng jam set 11. kan minta dibelai banget ya dokternya, udah malah seharusnya aku antrian pertama jadi kedua karna diselak orang yang sepertinya kenalan orang sana. okedey setelah nunggu berjam-jam rasa seabad, aku masuk ke ruang dokternya, dan ini lebih parah lagi ya dari poli-poli sebelumnya yang aku kunjungi, disini aku gak nyampe 2 menit kayaknya.
Dokternya cuman nanya "ada asma gak?, ada batuk pilek gak?" udah gitu doang. karna emang kondisi aku baik-baik aja yaudah langsung di ACC sama dokternya.

besoknya lagi aku balik ke poli bedah mulut kan karna misi-misi yang diberikan sudah aku jalani. setelah dapet ACC semua dokternya langsung kasih jadwal buat operasi deh akhirnyaaaaaa~ setelah sekian lama, tapi ini lebih mending loh, ada juga mbak-mbak ketemu pas sama-sama mau cek lab, dia juga sama kondisinya kayak aku mau operasi impaksi, dia malah sampe berbulan-bulan belom juga jalanin operasi dikarenakan hatinya dia membengkak, katanya dia suka minum obat sakit gigi kalo lagi kambuh sakitnya. langsung dah aku "alhamdulillaah yaAllah, untung aku anaknya gak uka minum obat banget kan". arahan dari dokternya aku akan diopname selama 3 hari, jadi aku harus check in ke RS H-1 sebelum operasi.

okkey sekian dulu postingan ini, rasanya udah nulis panjang kali lebar deh, nanti kalian bosen bacanya. dilanjut ke postingan berikutnya ya proses operasi dan pasca operasinya. ini lebih seru lagi! insyaAllah :)

Comments

  1. Terimakasih sudah berbagi ceritanya kak

    ReplyDelete
  2. penasaran operasinya kak

    ReplyDelete
  3. Tetep ya dokternya ganteng wkwkkw

    ReplyDelete
  4. Gimana rasanya pas mau operasi kalo tau resiko APPTnya tinggi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak gimana-mana kak kan dikasih resep obat sama dokternya buat normalin APTT nya kak

      Delete
  5. Haloo mohon dibalas ya komenku :"). Kamu operasinya di rs mana ya? Aku lg urus semuanya pake bpjs. Total ada 4 gigi. Aku pengennya semua diangkat aja gapapa sakit yg penting slesai. Td atp katanya gabisa lgsg semua klo bpjs. Akhirnya aku minta rujuk lg ke rs lain. Dan jumat bru kesana lg krn praktek sp bm nya hri jumat. Ya Allah aku berdoa bisa empat2nya lgsg :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya kak proses OP nya gak lama kok di rawatnya juga cuman 3 hari totalnya, jadi gak terlalu mengganggu waktu kuliah hehe...
      cuman yg repotnya itu bulak balik ke RS nya buat persiapannya. kayak cek lab, rontgen gitu2nya kak. karna kalo pake bpjs gak bisa sekaligus, harus satu2.

      Delete
  6. Aku di depok juga, dirujuk ke brimob dpk, di rujuk lg ke ladokgi, dirujuk lg ke mintoharjo. Utk buat janjian operasinya brp lama klo kamu mba? Mana aku mau kuliahhh😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo kak mitha, maaaaaf banget baru bales.
      aku di RSUD Pasar Rebo kak, alhamdulillah nunggunya gak lama gak sampe sebulan, ke 4 gigi aku langsung di cabut. jadi pake bius total dan gak sakit sama sekali. setelah OP nya baru ngilu2 gitu tapi gak separah pas sakit gigi sebelum dicabut kak

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman operasi Gigi Bungsu ( impaksi )/ my experience of wisdom teeth surgery